Sekarang saya akan mempostkan sedikit materi tentang Ilmu Sosial Dasar atau yang sering juga disebut dengan ISD. Postingan ini ditujukan untuk memenuhi tugas kuliah yang diberikan oleh kampus.

PENGERTIAN

Ilmu Sosial Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing ilmu memiliki metode ilmiah sendiri-sendiri. Walaupun demikian Ilmu Sosial Dasar pun bukan merupakan ilmu tersendiri, karena ilmu sosial dasar tidak mempunyai objek dan metode ilmiah tersendiri. Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran di Indonesia yang diberikan di perguruan tinggi.

Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :

  1. Natural sciences (ilmu-ilmu alamiah),  meliputi :  Fisika,  Kimia,  astronomi, biologi dll
  2. Sosial sciences (ilmu-ilmu social) terdiri dari :  Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll
  3. Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama,  Kesusastraan,  Kesenian dll.

TUJUAN

Tujuan dari pendidikan Ilmu Sosial Dasar ini yaitu :

  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya secara kritis-interdisipliner
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

ILMU SOSIAL DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya memiliki persamaan dan perbedaan. Adapun persamaan dari keduanya ialah :

  • Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
  • Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Adapun perbedaan antara keduanya ialah :

  • Ilmu Sosial Dasar diberikan diperguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
  • Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
  • Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan pengetahuan.

RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri dari masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial tersebut, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial dasar dibedakan atas tiga golongan :

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer apa saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyrakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Posted by Marjuan -1kb01-