Penderitaan berasal dari kata derita yang diambil dari bahasa sanskerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat dirasakan secara lahir, batin, ataupun lahir batin. Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat ataupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Karena itu terserah pada manusia itu sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin. Bahkan menghindari atau menghilangkan sama sekali.

Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia artinya sudah menjadi konsekwensi manusia hidup. Bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, melainkan juga menderita. Karena itu manusia hidup tidak boleh pesimis, yang menganggap hidup sebagai serangkaian penderitaan. Manusia harus optimis, ia harus berusaha mengatasi kesulitan hidup. Allah telah berfirman dalam surat Arra’du ayat 11, bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang kecuali orang itu sendiri yang berusaha merubahnya.

Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alam lingkungan, masyarakat sekitar, dengan waspada dan disertai doa kepada Tuhan supaya terhindar dari bahaya dan malapetaka. Manusia hanya merencanakan dan Tuhanlah yang menentukan. Kelalaian manusia adalah sumber malapetaka yang menimbulkan penderitaan.

Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab timbulnya penderitaan maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut.

1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia

Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitar.

Contoh perbuatan buruk antara sesama manusia

  • Pembantu rumah tangga yang diperkosa, disekap, dan disiksa oleh majikannya.
  • Perbuatan buruk orang tua yang menganiaya anak kandungnya sendiri.

Adapun contoh perbuatan buruk manusia terhadap lingkungannya ialah

  • Musibah banjir dan tanah longsor yang sering terjadi akibat pembabatan hutan secara liar oleh manusia.
  • Perbuatan buruk manusia yang sering membuang limbah yang tak terpakai ke  sungai-sungai secara sembarangan.

2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab Tuhan

Penderitaan yang menimpa manusia yang dikarenakan takdir ataupun yang dikarenakan sifat buruk manusianya terhadap penciptanya dengan sering melakukan hal yang telah dilarang oleh-Nya.

Contoh penderitaan yang timbul karena penyakit :

Kisah Nabi Ayyub yang memiliki penyakit kulit selama bertahun-tahun. Sehingga istrinya bosan memeliharanya dan ia dikucilkan. Berkat kesabaran dan pasrah kepada Tuhan, maka disembuhkannya penyakit itu sehingga ia tampak menjadi muda sehingga istrinya tidak mengenalinya lagi.